Senin, 04 Maret 2013

Kajian oleh: KH. Taqiyuddin Alawy, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah NURUL HUDA Mergosono Malang - Dosen Fakultas Teknik Elektro Universitas Islam Malang  

Pendahuluan

Sekarang ini satu persatu tradisi orang NU khususnya, dan atau ASWAJA (Ahlus Sunnah Wal Jama’ah) pada umumnya, sudah mulai digrogoti dan bahkan dianggap sesat oleh sebagian kalangan terutama sekali oleh madzhab baru wahabi yang mengaku salafi. Oleh karenanya, jika Para santri-santri yang merupakan tumpuan masyarakat tidak segera bertindak, maka virus tersebut lambat laun akan menyebar di kalangan orang awam. Diantara tradisi yang paling disorot oleh mereka adalah meng-qodhô-i shalatnya orang yang sudah meninggal. Dimana pada waktu hidupnya, dia belum sempat untuk meng-qadlâ’-inya, dikarenakan sakit atau lain sebagainya. Bolehkah meng-qadlâ’ shalatnya seseorang yang sudah meninggal? Dan adakah dalilnya?

Fatwa Ulama Wahabi

Berikut Fatwa Ulama ulama Wahabi atas Amaliah tersebut yang sama sekali tidak merujuk pada pendapat Ulama Mu’tabar terdahulu:
Berkata Syeikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah :

ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﻻ ﺗﺠﻮﺯ ، ﻭﻟﻴﺲ ﻟﺬﻟﻚ ﺃﺻﻞ ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺟﺎﺀ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻴﺎﻡ ﻭﺍﻟﺤﺞ ﻭﻗﻀﺎﺀ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﻭﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ، ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻨﻪ ﻓﻼ ﺃﺻﻞ ﻟﻬﺎ .
“ Sholat atas nama orang yang meninggal tidak boleh, dan amalan ini tidak ada asalnya, yang ada dalilnya adalah puasa, haji, membayar hutang, shadaqah, dan doa. Adapun sholat untuk orang yang meninggal maka tidak ada asalnya. (Majmu Fatawa Syeikh Bin Baz).

Masalah menghadiahkan pahala sholat kepada orang mati:
 ﻫﺒﺔ ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻟﻠﻤﻴﺖ ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ ﺭﻗﻢ (7482) ﺱ :1 ﻫﻞ ﻳﺼﺢ ﺃﻥ ﺃﺻﻠﻲ ﻋﺪﺩًﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻛﻌﺎﺕ ﻓﻲ ﺃﻱ ﻭﻗﺖ، ﺛﻢ ﺃﻫﺪﻱ ﺛﻮﺍﺑﻬﺎ
ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻴﺖ، ﻭﻫﻞ ﻳﺼﻞ ﺛﻮﺍﺑﻬﺎ ﺇﻟﻴﻪ ﺃﻭ ﻻ؟ ﺝ :1 ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﺗﻬﺐ ﺛﻮﺍﺏ ﻣﺎ ﺻﻠﻴﺖ ﻟﻠﻤﻴﺖ، ﺑﻞ ﻫﻮ ﺑﺪﻋﺔ ﻷﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﻋﻦ
ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻻ ﻋﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻢ، ﻭﻗﺪ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ » : ﻣﻦ ﺃﺣﺪﺙ ﻓﻲ ﺃﻣﺮﻧﺎ ﻫﺬﺍ ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﻣﻨﻪ ﻓﻬﻮ ﺭﺩ « ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻢ .
ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ ﺍﻟﺪﺍﺋﻤﺔ ﻟﻠﺒﺤﻮﺙ ﺍﻟﻌﻠﻤﻴﺔ ﻭﺍﻹﻓﺘﺎﺀ ﻋﻀﻮ // ﻧﺎﺋﺐ ﺭﺋﻴﺲ ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ // ﺍﻟﺮﺋﻴﺲ // ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻏﺪﻳﺎﻥ // ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺯﺍﻕ ﻋﻔﻴﻔﻲ // ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺑﺎﺯ
Qodlo’ sholat untuk orang mati:
ﻟﺴﺆﺍﻝ ﺍﻟﺨﺎﻣﺲ ﻣﻦ ﺍﻟﻔﺘﻮﻯ ﺭﻗﻢ 9217) ﺱ :5 ﺗﻮﻓﻴﺖ ﻭﺍﻟﺪﺗﻲ ﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﻋﺎﻧﺖ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺮﺽ ﺭﺣﻤﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﻛﻞ ﻣﻌﺎﻧﺎﺓ،
ﻭﻣﻜﺜﺖ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﻳﺎﻡ ﺑﺪﻭﻥ ﺻﻼﺓ، ﺃﻭﻗﺎﺕ ﺗﻨﺘﺎﺑﻬﺎ ﻏﻴﺒﻮﺑﺔ، ﻭﺃﻭﻗﺎﺕ ﺗﻔﻴﻖ، ﻭﻟﻢ ﺗﺼﻞ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻳﺎﻡ . ﻓﻬﻞ ﺃﺻﻠﻲ ﻋﻨﻬﺎ، ﺃﻡ ﻣﺎﺫﺍ ﺃﻓﻌﻞ ﻟﻬﺎ؟ ﻭﻫﻞ ﺗﺠﻮﺯ ﺍﻟﺼﻼﺓ
ﻋﻠﻰ ﺭﻭﺡ ﺍﻟﻤﻴﺖ؟ ) 11/57 ( ﺝ :5 ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﺗﻘﻀﻰ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻴﺖ؛ ﺳﻮﺍﺀ ﺗﺮﻛﺘﻬﺎ ﺑﻌﺬﺭ ﺃﻭ ﺑﻐﻴﺮ
ﻋﺬﺭ، ﻭﻻ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻰ ﺑﻨﻴﺔ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺛﻮﺍﺏ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻟﻠﻤﻴﺖ؛ ﻷﻥ ﺍﻟﺸﺮﻉ ﻟﻢ ﻳﺮﺩ ﺑﺬﻟﻚ، ﻭﻗﺪ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ » : ﻣﻦ ﻋﻤﻞ ﻋﻤﻠًﺎ ﻟﻴﺲ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻣﺮﻧﺎ ﻓﻬﻮ ﺭﺩ « ، ﺃﺧﺮﺟﻪ ﻣﺴﻠﻢ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ .ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ .
ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ ﺍﻟﺪﺍﺋﻤﺔ ﻟﻠﺒﺤﻮﺙ ﺍﻟﻌﻠﻤﻴﺔ ﻭﺍﻹﻓﺘﺎﺀ ﻋﻀﻮ // ﻋﻀﻮ // ﺍﻟﺮﺋﻴﺲ // ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻗﻌﻮﺩ // ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻏﺪﻳﺎﻥ // ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻌﺰﻳﺰ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺑﺎﺯ //.
_________________
Jawaban Atas Masalah
Dan inilah Jawaban Kami atas Klaim tersebut: Syeikh Bin Baz Menukil kitab I’anah tidak secara lengkap. Menurut sebagian ulama’ hukumnya boleh. Sedangkan dalil yang mendasarinya adalah:

مَا رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بنَ عُمَرَ رَضِى الله عَنْهُمَا أَمَرَ امْرَأَةً جَعَلَتْ أُمُّهَا
عَلَى نَفْسِهَا صَلاَةً بِقُبَاءَ يَعْنِيْ ثُمَّ مَاتَتْ فَقَالَ صَلِّيْ عَنْهَا
Referensi:
إعانة الطالبين الجزء 1 صحـ : 33 مكتبة دار الفكر
( فَائِدَةٌ ) مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صَلاَةٌ فَلاَ قَضَاءَ وَلاَ فِدْيَةَ وَفِي قَوْلٍ كَجَمْعِ مُجْتَهِدِيْنَ أَنَّهَا تُقْضَى عَنْهُ لِخَبَرِ الْبُخَارِيِّ وَغَيْرِهِ وَمِنْ ثَمَّ اخْتَارَهُ جَمْعٌ مِنْ أَئِمَّتِنَا وَفَعَلَ بِهِ السُّبْكِيُّ عَنْ بَعْضِ أَقَارِبِهِ وَنَقَلَ ابْنُ بُرْهَانٍ عَنِ الْقَدِيْمِ أَنَّهُ يَلْزَمُ الْوَلِيُّ إِنْ خَلَفَ تِرْكَةً أَنْ يُصَلِّىَ عَنْهُ كَالصَّوْمِ وَفِي وَجْهٍ عَلَيْهِ كَثِيْرُوْنَ مِنْ أَصْحَابِنَا أَنَّهُ يُطْعِمُ عَنْ كُلِّ صَلاَةٍ مُدًّا اهـ

تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجزء 3 صحـ : 440 مكتبة دار إحياء الترث العربي
وَلَوْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صَلاَةٌ أَوِ اعْتِكَافٌ لَمْ يُفْعَلْ عَنْهُ وَلاَ فِدْيَةَ تُجْزِئُ عَنْهُ لِعَدَمِ وُرُودِ ذَلِكَ وَفِي اِلاعْتِكَافِ قَوْلٌ إنَّهُ يُفْعَلُ عَنْهُ كَالصَّوْمِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ وَفِي الصَّلاَةِ أَيْضًا قَوْلٌ إنَّهَا تُفْعَلُ عَنْهُ أَوْصَى بِهَا أَمْ لاَ حَكَاهُ الْعُبَادِيُّ عَنْ الشَّافِعِيِّ وَغَيْرِهِ عَنْ إِسْحَاقَ وَعَطَاءٍ لِخَبَرٍ فِيهِ لَكِنَّهُ مَعْلُولٌ بَلْ نَقَلَ ابْنُ بُرْهَانٍ عَنْ الْقَدِيمِ أَنَّهُ يَلْزَمُ الْوَلِيَّ أَيْ إنْ خَلَفَ تِرْكَةً أَنْ يُصَلِّيَ عَنْهُ كَالصَّوْمِ وَوَجَّهَ عَلَيْهِ كَثِيرُونَ مِنْ أَصْحَابِنَا أَنَّهُ يُطْعِمُ عَنْ كُلِّ صَلاَةٍ مُدًّا وَاخْتَارَ جَمْعٌ مِنْ مُحَقِّقِي الْمُتَأَخِّرِينَ اْلأَوَّلَ وَفَعَلَ بِهِ السُّبْكِيُّ عَنْ بَعْضِ أَقَارِبِهِ وَبِمَا تَقَرَّرَ يُعْلَمُ أَنَّ نَقْلَ جَمْعٍ شَافِعِيَّةٍ وَغَيْرِهِمُ اْلإِجْمَاعَ عَلَى الْمَنْعِ الْمُرَادُ بِهِ إجْمَاعُ اْلأَكْثَرِ وَقَدْ تُفْعَلُ هِيَ وَاِلاعْتِكَافُ عَنْ مَيِّتٍ كَرَكْعَتَيِ الطَّوَافِ فَإِنَّهَا تُفْعَلُ عَنْهُ تَبَعًا لِلْحَجِّ وَكَمَا لَوْ نَذَرَ أَنْ يَعْتَكِفَ صَائِمًا فَمَاتَ فَيَعْتَكِفُ الْوَلِيُّ أَوْ مَا دُونَهُ عَنْهُ صَائِمًا اهـ

فتاوى الأزهر الجزء 8 صحـ : 318 موقع وزارة الأوقاف المصرية
إِنَّ جُمْهُوْرَ الْعُلَمَاءِ عَلَى أَنَّ قَضَاءَ الصَّلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ عَنِ الْمَيِّتِ مَمْنُوْعٌ وَنَقَلَ ابْنُ بَطَّالِ اْلإِجْمَاعَ عَلَيْهِ وَلَكِنِ اْلإِجْمَاعُ غَيْرُ صَحِيْحٍ ِلأَنَّ هُنَاكَ مَنْ يَقُوْلُ بِجَوَازِ ذَلِكَ وَدَلِيْلُهُ: 1- مَا رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بنَ عُمَرَ رَضِىَ الله عَنْهُمَا أَمَرَ امْرَأَةً جَعَلَتْ أُمُّهَا عَلَى نَفْسِهَا صَلاَةً بِقُبَاءَ يَعْنِيْ ثُمَّ مَاتَتْ فَقَالَ صَلِّيْ عَنْهَا 2- مَا رَوَاهُ ابْنُ أَبِىْ شَيْبَةَ بِسَنَدٍ صَحِيْحٍ أَنَّ امْرَأَةً قَالَتْ لاِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِى اللّهُ عَنْهُمَا إِنَّ أُمَّهَا نَذَرَتْ مَشْيًا إِلَى مَسْجِدِ قُبَاءَ أَيْ لِلصَّلاَةِ فَأَفْتَى ابْنَتَهَا أَنْ تَمْشِىَ لَهَا وَأَخْرَجَهُ مَالِكٌ أَيْضًا فِى الْمُوَطَّأِ 3- أَنَّ بَعْضَ التَّابِعِيْنِ وَعُلَمَاءُ السَّلَفِ أَجَازَ الصَّلاَةَ عَنِ الْمَيِّتِ قِيَاسًا عَلَى الدُّعَاءِ وَالصَّدَقَةِ وَالْحَجِّ اهـ
 
Barangsiapa meninggal dunia dan ia masih punya tanggungan shalat, maka tiada kewajiban menqadha’ dan tiada pula membayar fidyah (Syeikh bin Baz Menukil hanya sampai sini)
Namun menurut pendapat segolongan ulama’ mujtahidin, bahwa shalat tersebut harus di qadha’ berdasar hadis riwayat Imam Bukhari serta lainnya. Berangkat dari sana, segolongan ulama dari imam-imam kita memilih pendapat harus di qadha’. Dan malah Imam Subuki telah mempraktekkannya untuk sebagian kerabat beliau.

Dan Ibnu Burhan telah menukil pendapat Qadim (dari Imam Syafi’i) bahwa jika orang yang meninggal dunia itu meninggalkan tanggungan shalat maka sang wali harus melakukan shalat untuk almarhum sama halnya puasa.

Juga menurut pendapat yang pantas diikuti yang didukung pula oleh mayoritas ashabina, bahwa sang wali memberi makan satu mud ( + 0,5 kg) untuk setiap shalat. Terlepas dari apakah referensi dari interpretasi Syeikh Abdul Aziz bin Baz dan syeikh Albani juga pantas
diikuti, yang jelas dengan jujur harus diakui bahwa dari segi level, kapabilitas, kompetensi dan akseptabilitas jelas kedua syeikh tersebut jauh dari layak untuk bisa disejajarkan dengan para imam yang jadi referensi I’anah.

Dengan demikian, jangan pernah ragu dengan Amaliah Aswaja, karena Semuanya berdasarkan NASH, baik dari AL-Qur’an, AL-Hadits, Shohabat, Tabi’in, maupun Ulama-Ulama Mu’tabar yang kapasitasnya sudah teruji dari zaman ke zaman.
Wallahu ‘Alam Bishshowaab

Posted by Uswah On 10:00 PM 2 comments

2 komentar:

  1. mas itu hadist nya didalam kitab shoheh al bukhori halaman berapa ? terimakasih mas

    BalasHapus
  2. m. fariz: referensi wacana trsbut dr kitab i'anatut tolibin, tukhfatul mukhtaj dan al azhar..

    BalasHapus

Silahkan Ajukan Pertanyaan atau Tanggapan Anda, Insya Allah Segera Kami Balas

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Arsip Blog